-->

Tips Stop Merokok

Advertisemen
Rokok sudah menjadi kebutuhan utama bagi para pecandu rokok, serasa hidup tanpa bernafas bila tidak menghisap sebatang rokok. Bahaya rokok terhadap kesehatan sudah dipampangkan pada bungkus rokok, namun hasrat untuk menghentikan merokok tidaklah bisa. Bagimana bisa caranya agar bisa berhenti merokok? merupakan pertanyaan klasik yang sering muncul. Klinikmedis.info mencoba untuk berbagi informasi kepada para pembaca tentang proses menghentikan konsumsi rokok. 


bahaya merokok
Tips Stop Merokok

  1. Penundaan. Lakukan penundaan untuk merokok, sebagai contoh, pada awalnya anda terbiasa merokok 1 x dalam 30 menit, maka upayakan untuk menunda merokok dengan membuat jadwal 1 x 2 jam, dan seterusnya. Penundaan juga dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas/pekerjaan yang memerlukan pergerakan dari seluruh bagian tubuh anda, hal ini akan membuat anda terasa lelah dan hasrat untuk merokok akan tertunda. Minta bantuan kepada teman anda (Teman yang tidak merokok) untuk mengingatkan anda tentang jadwal untuk merokok.

  2. Konsumsi Permen. Mengkonsumsi permen telah terbukti dapat mengurangi hasrat untuk merokok, namun ada beberapa permen yang dapat menimbulkan hasrat untuk merokok, seperti permen yang terasa pedas (mengandung jahe) permen ini biasanya dapat menimbulkan hasrat untuk merokok terlebih bila anda menghisap rokok kretek. Pilihlah permen yang terasa manis yang memiliki kadar gula dan kalori rendah.

  3. Berolahraga. Selain dapat memberikan kebugaran bagi tubuh, ternyata olahraga sangat membantu mengurangi konsumsi rokok. Akibat aktifitas dari paru-paru dan jantung Anda saat merokok, maka hasrat untuk merokok dapat tertunda bahkan bila anda rajin berolah raga kemungkinan besar untuk terbebas dari rokok akan didapat.

  4. Minum Air Putih. Perbanyak mengkonsumsi air putih, air putih dapat menetralisir / mencuci lidah dan rongga mulut. Dominan hasrat untuk merokok timbul dikarenakan masih adanya sisa nikotin yang berada di mulut, sehingga memaksa untuk mengkonsumsi rokok. 

  5. Sikat Gigi. Menyikat gigi dapat membersihkan sisa nikotin yang ada pada lidah atau rongga mulut. Setiap kali anda merokok, upayakan untuk menyikat gigi Anda. Janga lupa untuk mebersihkan lidah dengan tongue scraper (pembersih lidah) atau dengan cara menyikat lidah dan dinding rongga mulut.

  6. Tidak Mengkonsusmi Alkohol. Bagi Anda yang merokok pada umumnya adalah peminum alkohol, sebaiknya Anda menghentikan konsumsi alkohol, karena akan sejalan hasrat mengkonsumsi alkohol dengan hasrat untuk merokok. Ada baiknya anda menganti dengan mengkonsumsi air putih saja.


Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 klinikmedis - All Rights Reserved - Proudly powered by Blogger